Alasan tubuh Kita Menggigil

January 13, 2010
PERNAH mengalami kedinginan? Sehabis mandi air dingin, kehujanan, atau pergi ke tempat di pegunungan tinggi. Pada saat kedinginan apakah kamu merasa gigi kamu mulai menggeletuk? Menggigil? Mengapa menggigil? Siapa yang “menyuruh” kamu menggigil? Dan Apa kegunaan menggigil bagi kamu?
Otak kamu memiliki “kontrol” terhadap suhu tubuh dan rasa lapar, haus. Pusat kontrol tersebut bernama HIPOTALAMUS. Suhu tubuh kamu “dijaga” tetap pada suhu 370 Celcius.
hypotalamusJika tubuh kamu mengalami perubahan suhu, dan misal menjadi dingin, maka Hipotalamus akan memberi “instruksi” kepada tubuh untuk “menghangatkan” diri. Salah satu cara untuk menghangatkan diri adalah dengan MENGGIGIL. Otot-otot melakukan gerakan cepat yang dapat membangkitkan panas.
Saat kamu menggigil, itulah saat dimana tubuh kamu sedang berupaya menghangatkan diri. Akan lebih baik kamu membantu “tubuh” kamu dengan mencari tempat yang lebih hangat, atau mengenakan baju hangat.***
(dari berbagai sumber)
(foto istimewa)

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts