Desa Kapal Yang Unik dan Berbudaya Tinggi

July 20, 2011

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar nama Desa Kapal? Apakah yang terbayang desa yang banyak kapalnya? Desa yang dijadikan sebagai tempat memproduksi kapal-kapal? Atau sebuah desa tempat pemberhentian kapal? Mungkin secara langsung tak ada kaitannya Desa Kapal dengan list yang kami sebutkan itu karena sejatinya Desa Kapal merupakan sebuah desa tradisional di Bali yang memiliki kekayaan dan keragaman adat dan budaya.

Tradisi Unik dan Menarik

Desa yang terletak di Kecamatan Mengwi ini memang menarik karena memiliki tradisi historis yang masih berlangsung hingga kini, salah satunya adalah Tradisi Aci Rah Pengangon atau masyarakat setempat mengenalnya dengan sebutan tradisi perang Tipat-Bantal. Biasanya tradisi ini dilangsungkan tepat di depan Pura Desa Lan Puseh di desa tersebut.

Ketika merayakan tradisi ini, warga masyarakat Desa Kapal akan berkumpul di Pura Desa dimana mereka akan mengerjakan prosesi sembahyang. Setelah melaksanakan sembahyang mereka kemudian menuju ke depan pura dan mereka terbagi menjadi dua kelompok, yakni yang dipersenjatai dengan tipat dan bantal. Diantara kedua kelompok itu kemudian saling melempari mencoba mempertemukan tipat dan bantal ini di udara.

Tradisi Tipat-Bantal itu sendiri sangat erat kaitannya dengan kehidupan pertanian, yakni tradisi itu dijadikan sebagai sarana untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan yang telah memberikan keberkahan yang tiada terkira. Dimana tradisi ini dilaksanakan setiap Purnama Kapat, atau pada saat purnama bulan keempat dalam penanggalan Bali (sasih kapat) sekitar bulan September – Oktober yang pelaksanaanya diwujudkan dalam bentuk perang tipat-bantal.

Pura Sada

Bali juga pantas jika disebut sebagai Negeri Seribu Pura. Di Desa Kapal yang terkenal adalah Pura Sada. Lokasi pura ini sangat mudah ditemukan karena berada di sekitar permukiman penduduk. Masuk beberapa meter dari jalan utama jurusan Denpasar-Tabanan, umat sudah dapat melihat keberadaan pura yang konon dibangun tahun 830 Masehi itu. Lokasinya sekitar 15 km dari Denpasar.

Lokasi

Desa Kapal terletak di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Share this

Related Posts