Sadiq Khan Jadi Wali Kota London Muslim Pertama

May 09, 2016

Sayakasihtahu.com - Setelah membuktikan dirinya mampu meraih perolehan suara terbanyak dalam pemilihan umum pada Jumat (6/5) lalu, Sadiq Khan resmi menjadi walikota London yang baru. Ia berhasil mengalahkan rivalnya dari kubu Konservatif yaitu Zac Goldsmith.

Yang menjadi hal menarik bukanlah karena Sadiq Khan berasal dari kubu Buruh, ataupun karena ia merupakan pria keturunan Pakistan, melainkan karena Khan adalah pemimpin muslim pertama di Ibu Kota Inggris tersebut.

Dilansir MetroTVnews, pria berusia 45 ini memperoleh 57 persen suara, mengalahkan Goldsmith yang hanya mampu meraup 43 persen suara.

Usai dipastikan menjadi Walikota menggantikan Boris Johnson, Sadiq Khan langsung berpidato seperti yang dikutip Sky News, Sabtu (7/5/2016) : "Terima kasih London. London adalah kota terbesar di dunia. Saya bangga menjadi bagian kota ini dan tersentuh dengan harapan dan kepercayaan yang diberikan kepada saya saat ini,"

Kemenangan ini menjadi sejarah pertama pemimpin Muslim London serta pemimpin Muslim kedua di Eropa. Sebelumnya, Ahmed Aboutaleb juga menjadi Wali Kota Rooterdam, Belanda yang beragama Islam. Poin penting yang harus kita pelajari adalah indahnya toleransi sesama umat beragama, dimana tanpa memandang suku, ras, warna kulit, dan agama, rakyat London mampu memilih pemimpin yang memang dirasa kompeten dan pantas mendapatkan kedudukan tersebut.

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts