Tayangan Spongebob Squarepants Terancam Dihapus dari TV

September 28, 2014


Saat ini, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tengah mempertimbangkan terhadap sejumlah tayangan televisi yang dinilai tidak memiliki unsur pendidikan. KPI pun sedang menggodok tayangan mana sajakah yang masuk ke dalam kategori tak cocok untuk ditonton, terutama bagi anak-anak.

Membahas tayangan bagi anak, KPI mengatakan ada beberapa serial kartun yang dianggap berbahaya jika di tonton anak-anak. Hal ini tertuju pada tayangan kartun Spongebob Squarepants (Global TV). Film kartun tersebut pun digolongkan daftar kategori hati-hati. Tak hanya Spongebob, masuk pula serial kartun Crayon Sinchan (RCTI) untuk kategori yang sama.
Selain kedua kartun itu, KPI merilis tayangan televisi yang masuk kategori berbahaya di antaranya Kartun Bima Sakti (ANTV), Little Krisna (ANTV), serta Tom & Jerry (RCTI, Global TV, serta ANTV).

Adapun alasan serial kartun itu masuk ke dalam kategori berbahaya adalah lantaran banyak menampilkan adegan kekerasan seperti saling memukul, membalas pukulan dengan lebih kejam, balas dendam, cekik mencekik, memakai benda tajam, menyiksa dan ejekan. “Ini berbahaya jika ditonton anak-anak,” ucap Komisioner KPI, Agatha Lily, seperti dilansir Republika, Jumat (26/9/2014)
Terkait masalah ini, pihak KPI sudah memberikan surat teguran kepada stasiun televisi bersangkutan. Dalam surat itu, KPI mengimbau agar stasiun televisi mengedit atau membuang adegan yang menampilkan kekerasan.

Jika tuntutan tersebut tak dilaksanakan, maka KPI akan mencabut izin tayang serial kartun tersebut. “Jika tidak diperbaiki maka kami akan minta penyiarannya dihentikan,” ujar Agatha
Sebagai pengganti serial Spongebob dan Sinchan, KPI menyarankan agar anak-anak menonton tayangan yang bermutu seperti Dora The Explorer (Global TV), Adit Sopo Jarwo (MNC TV), Laptop Si Unyil (Trans 7), Curious George (ANTV), Thomas and Friends (Global TV), Unyil Keliling Dunia (Trans 7), dan Disney Junior (MNC TV). (nha)

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts