Apakah Ikan Tidur? Ternyata Ikan Juga Tidur!

August 21, 2015
Sayakasihtahu.com - Ikan itu tidur gak sih? Pertanyaan itu yang sering terbayang di pikiran saya sejak kecil, apakah Anda juga pernah memikirkan hal yang sama? Jika iya, berarti masa kecil Anda bahagia. Saya tahu bahwa Ikan adalah makhluk hidup yang hidup di air, mereka makan, bernafas, beraktivitas, dan berkembang biak disana.

Tapi, pertanyaan "Apa ikan itu tidur?" yang sejak lama saya pikirkan namun hingga kini belum tahu jawabannya. Berawal dari hal-hal yang berbau iseng, beberapa waktu lalu saya membeli sebuah aquarium kecil bersama mba +Anisa Eka Rahmawati. Selain membeli aquariumnya, saya juga membeli ikan-ikannya serta perlengkapan dan hiasan aquarium. Dari situ, saya kembali teringat pada pertanyaan saya dulu pada waktu kecil tentang "Apakah ikan juga tidur?", dari situ saya langsung mencari tahu informasinya di Google, dan hingga akhirnya saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya dulu.

Apakah Ikan Tidur? Ternyata Ikan Juga Tidur

Jadi, menurut dari informasi yang saya baca, ternyata ikan juga tidur loh. Tapi, cara mereka tidur berbeda dengan cara tidur yang selama ini kita pahami (mata merem, dan lain sebagainya). Karena kebanyakan ikan tidak memiliki kelopak mata, jadi ikan-ikan tersebut tidur dengan mata yang masih terbuka (melek). Selain itu saat tertidur ikan juga masih menggerak-gerakkan siripnya agar tidak tenggelam atau terbawa arus. Tidur ikan juga masih dalam keadaan setengah sadar, ini bertujuan untuk pertahanan diri ikan jika sewaktu-waktu ada pemangsa, mereka bisa langsung kabur atau bersembunyi.

Kenapa ikan tidur? Jika Anda masih bertanya kenapa ikan tidur, maka saya akan bertanya kepada Anda, kenapa Anda tidur? pasti Anda akan menjawab ngantuk, lelah, butuh istirahat dan sebagainya. Begitu juga ikan, mereka adalah makhluk hidup yang juga butuh istirahat, jadi mereka juga butuh tidur untuk dapat memulihkan tenaga dan energi mereka untuk beraktifitas.

Masing-masing jenis ikan memiliki tidur yang berbeda-beda pula. Ada ikan yang tidur siang hari, ada yang malam hari, ada yang tidur sambil sembunyi di persembunyiannya seperti terunggu karang. Ada yang tidur dengan melayang-layang dalam air, ada yang menyamarkan diri, terus ada juga mengurangi aktivitasnya menjadi sangat pelan ketika tidur dengan mata terbuka.


sumber: makintau.com

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts