Kisah Si Imut Koala dan Daun Eucalyptus Kesayangannya

March 05, 2016


Ini dia si imut koala yang lagi makan siang (Gambar: Pixabay.com)
Tahu koala? Ya, hewan khas Australia ini memang cukup terkenal. Selain imut, koala juga terkenal sebagai pemakan daun eucalyptus. Meskipun tak jarang koala juga memakan tumbuhan dan makanan lain, namun eucalyptus seolah menjadi makanan utamanya.
Seperti apa sih daun eucalyptus itu? Eucalyptus sendiri termasuk dalam jenis pohon karet. Daun eucalyptus mengandung air yang cukup tinggi, sekitar 55%. Imbasnya, kebutuhan air si koala sudah tercukupi dengan hanya mengonsumsi daun eucalyptus saja.
Oleh sebab itu, koala jadi jarang sekali minum. Konon, kebiasaan ini juga menjadi asal usul nama koala itu sendiri, yang diambil dari bahasa Aborigin yang artinya jarang minum.
Kandungan lain yang juga banyak terdapat dalam daun tersebut adalah serat. Untuk mempermudah pencernaannya, koala telah menyesuaikan bentuk mulut dan giginya. Dengan kombinasi gigi geraham yang dimilikinya, mereka mampu melumatkan daun eucalyptus menjadi sangat halus. Dengan demikian usus mereka tidak perlu repot mencerna daun yang banyak serat ini.
Eucalyptus juga mengandung sedikit minyak dan sianida. Sebenarnya, kandungan sianida dalam eucalyptus ini berbahaya karena dapat mengakibatkan keracunan.
Tetapi, koala sudah dapat beradaptasi dengan kondisi ini. Koala memiliki usus yang cukup panjang dan dipenuhi bakteri fermentasi tertentu yang dapat menetralkan racun dari sianida. Saluran pencernaan yang panjang juga menetralkan dan mengurangi kandungan minyak yang terdapat dalameucalyptus.
Kandungan karbohidrat dan protein dalam daun eucalyptus cukup rendah. Sayangnya, koala tidak terbiasa mengonsumsi makanan lain yang mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi.
Hal ini membuat koala menjadi terkesan kurang berenergi, terlihat lambat dan selalu ngantuk. Tak heran koala dijuluki hewan tukang tidur karena sebagian besar waktunya digunakan untuk tidur.

Sumber:
SainsMe

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts