Ini yang Terjadi Ketika Manusia Masuk kedalam Black Hole!

October 27, 2017
Lubang hitam atau black hole merupakan suatu fenomena alam yang terjadi di luar angkasa. Sifatnya yang misterius membuat banyak orang penasaran ingin mengetahui dan menjelajahi black hole lebih dekat.

Dilansir laman BBC, Senin (4/5/2015), sekira satu dari setiap seribu bintang di galaksi yang cukup besar berpotensi untuk bertransformasi menjadi lubang hitam. Bima Sakti memiliki setidaknya 100 miliar bintang, artinya terdapat sekiranya 100 juta lubang hitam yang sedang bersembunyi di galaksi kita ini. Wow, tidak disangka ya!


Berpetualang Mengelilingi Black Hole

Black hole tentunya berwarna hitam dan diperkirakan tak berbentuk bulat sempurna. Black hole juga diperkirakan memiliki ukuran empat juta kali lebih besar dari matahari. Gravitasi yang terjadi di dalam black hole telah mengumpulkan banyak gas dan debu yang terakumulasi ke dalam bentuk spiral dengan lubang yang berputar-putar.

Black hole sendiri tidak dapat dilihat secara langsung karena terbentuk dari gas dan debu. Namun, gravitasi black hole yang melengkungkan sinar cahaya di sekitarnya menciptakan jejak visual dalam materi sekitarnya yang disebut sebagai bayangan lubang hitam.

 

Melihat Cincin Terang Raksasa dan Bulan Sabit

Meskipun tidak dapat melihat bentuk black hole, orang yang berada di dalamnya akan melihat bayangan black hole yang dikelilingi oleh cincin terang dan bulan sabit. Walaupun black hole diperkirakan sangat gelap, namun menurut astrofisikawan dari University of Arizona, pandangan manusia akan tetap terang dan jelas di sana.

Mati Terkoyak

Fisikawan belum mengetahui secara pasti apa yang akan terjadi jika ada mahluk hidup yang memasuki black hole. Hipotesis konvensional dari pawa ilmuwan menggambarkan saat melompat ke lubang hitam pertama, kaki manusia normal akan terasa lebih kuat dibanding dengan gravitasi kepala Anda.

Perbedaan gravitasi di kaki dan kepala Anda akan semakin besar dan membuat tubuh manusia terkoyak. Gravitasi pasang surut pada black hole pun disebut akan merobek setiap sel, molekul, dan atom dalam tubuh Anda menjadi berkeping-keping.

Perjalanan ke dalam lubang hitam diperkirakan para ilmuwan merupakan perjalanan satu arah. Jika ada seseorang yang melewati cakrawala yang merupakan titik di mana cahaya tidak dapat melarikan diri, tidak akan lagi jalan untuk kembali dan kemungkinan paling besar yang terjadi ialah kematian untuk siapa pun yang masuk ke dalam black hole.






dikopas dari techno.okezone.com

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts