Beberapa Perbedaan antara Artik dengan Antartika

June 04, 2016
Sebagian besar dari kita semua sudah mengetahui bahwa kutub utara (artik) berada di belahan bumi paling utara, sedangkan kutub selatan (antartika) berada di bagian paling selatan. Namun, tahukah kamu bahwa selain perbedaan lokasi, terdapat juga berbagai perbedaan yang lainnya? Mau tau? Nih, Sayakasihtahu!



Artik yang berada di utara pada dasarnya adalah laut yang dikelilingi daratan, namun memang hampir semuanya tertutup oleh lapisan es. Meskipun demikian beberapa daerah bisa dihuni manusia karena suhu terpanas di sana bisa mencapai 0˚C dan suhu terdinginnya -43˚C. Bahkan daerah artik dikelilingi negara seperti Kanada, Rusia, Amerika Serikat, Denmark (wilayah Greenland), Islandia, Finlandia, dan Norwegia.
Sedangkan antartika merupakan daratan yang tertutup es setebal tiga meter yang merupakan tumpukan salju jutaan tahun. Banyak pegunungan yang terpendam di bawah es dan hanya puncaknya saja yang terlihat. Gunung yang tertinggi di antartika adalah Vinson Massif yang mempunyai ketinggian 5140 m. Suhu terdingin di antartika berada di daerah Vostok, yakni mencapai -89,2˚C. Pada suhu ini manusia tidak mungkin bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Makanya Antartika merupakan wilayah bebas, tidak ada satu negara pun yang memilikinya.

Perbedaan suhu di antara artik dan antartika juga menimbulkan perbedaan makhluk hidup yang menghuninya. Di Artik, hiduplah beberapa fauna seperti beruang kutub, beberapa jenis ikan, udang dan binatang laut lain seperti anemon laut. Manusia juga bisa mendatangi artik saat musim panas untuk penelitian.Sedangkan di antartika, hampir tidak ada makhluk hidup kecuali pinguin dan anjing laut. Manusia sangat sulit mendatangi antartika karena terlalu dingin.

Oh iya, beberapa dekade lalu, pengusaha Amerika membuat iklan minuman bersoda mengenai beruang kutub dan pinguin yang hidup bersama. Sebenarnya iklan itu salah karena kedua hewan ini tinggal di tempat yang jauh berbeda. Beruang kutub di utara dan pinguin di selatan. Makanya jika ada iklan atau film kartun yang menampilkan beruang kutub dan pinguin hidup bersama, jangan dipercaya.

Baik artik dan antartika menimbulkan rasa penasaran manusia, oleh sebab itu ekpedisi awal manusia untuk mencapai kedua kutub ada berakhir dengan kegagalan.  Tim penjelajah Amerika yang dipimpin Charles Francis Hall mencoba memasuki kutub utara pada 1879-1881, namun karena kurang persiapan setengah dari kru meninggal kedinginan. Begitu juga dengan tim penjelajah yang dipimpin Kapten Robert F. Scott yang mencoba mencapai kutub selatan pada 1901 mengalami kejadian yang sama.

Namun tidak semuanya mengalami kisah sedih lho. Orang pertama yang mendekati kutub utara adalah tim pelaut Inggris yang dipimpin William Edward Parry pada 1827. Sedangkan orang pertama yang mendekati kutub selatan adalah tim pelaut Norwegia yang dipimpin Ronald Amundsend pada 14 Desember 1911 dan pulang dengan selamat. (wayan.meidawati)


Sumber: orbitdigital.net

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts