7 Cara yang Dipake Orang Indonesia untuk Berobat Tanpa Minum Obat

April 19, 2018

Meskipun komputer, internet, dan kecanggihan teknologi udah menginvasi dunia ini, tapi hal tersebut gak membuat hal-hal mitos hilang gitu aja. Terutama kalo untuk urusan kesehatan nih ya, orang Indonesia pasti masih memegang teguh cara pengobatan yang udah dilakukannya sejak dulu yang katanya udah terbukti manjur. Bahkan gak perlu minum obat!


1. Minum Air Jampi-jampi

Jampi-jampi di sini biasanya adalah air yang udah didoakan, misalnya airnya tuh air putih biasa, tapi terus segelas air itu ditaruh di hadapan orang yang membaca doa-doa tertentu. Nah meminum airnya itu lah yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit yang diderita.

2. Diurut


Jatoh dari motor, diurut. Sakit perut, diurut. Patah tulang pun diurut! Sungguh sangat fenomenal. Entah bener apa enggak metode si tukang urut, pokoknya kalo sakit yang agak parah gitu langsung minta dipijit. Nanti si tukang urutnya suka ngasih diagnosa gitu sambil mencet-mencet kaki. “Wah ini lambungnya nih!” atau “Mas sering begadang ya?” gitu. Padahal sih liat mata pandanya aja kali tuh jadi tau kalo sering begadang.

3. Minum Ramuan Herbal

Ramuan herbal seperti jamu memang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai keluhan. Tapi, ramuan herbal ini malah sekarang udah banyak yang bentuknya kayak obat (kapsul, tablet, kaplet), yang katanya bisa menyembuhkan segala macem penyakit mulai dari yang sekedar flu sampe yang separah kanker. Tapi kalo obat ini beneran mujarab (sampe bisa nyembuhin kanker), kenapa dokter dan rumah sakit gak merekomendasikan ya?

4. Dikerok


Obat paling ampuh kalo masuk angin. Padahal istilah masuk angin sendiri gak ada di kedokteran. Ada yang bilang dikerok gak boleh sering-sering karena gesekan antara koin dan kulit itu malah bikin pembuluh darah pecah. Tapi karena dikerok itu enak, maka orang jadi kayak merasakan placebo effect aja gitu.

5. Ke “Orang Pinter”

Mau apa pun sakitnya, berobat ke orang yang “bisa” tuh pasti jadi pilihan, karena orang-orang udah parno duluan sama mahalnya biaya ke dokter. Karena lebih murah itulah makanya banyak yang pengen datengin dulu orang pinter sampe dirasa sakitnya berkurang. Tapi kalo gak sembuh-sembuh atau malah bahkan tambah parah sakitnya, ujung-ujungnya ya ke dokter juga.

6. Ganti Nama


Ada yang bilang kalo bayi atau anak kecil sering sakit-sakitan gitu karena namanya yang terlalu berat. Maka ada ritual ganti nama dari yang katanya namanya berat dan bikin sakit itu ke nama yang lebih ringan. Biasanya pake ritual beras merah dan beras putih, dan ke kantor kelurahan/kecamatan tentunya buat ganti kartu keluarga dan akta kelahiran.

7. Makan Masakan Mama

Kadang, sakit itu bukan melulu masalah fisik. Gak selalu karena ada penyakit yang dateng menghampiri. Bisa jadi karena masalah hati. Maka masakan mama yang selalu terasa nyaman itu bisa jadi obat yang paling mujarab yang bisa bikin hati jadi tenang. Duh, kok jadi mellow.

Yah, emang banyak alternatif yang dilakukan sama orang Indonesia biar sembuh tanpa harus ke dokter dan menebus obat. Biasanya daripada keluar biaya mahal, mending yang murah aja. Meskipun belum tentu kemujarabannya, ya jalanin aja dulu. Kalo udah tambah parah baru deh kapok dan ke dokter.

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts