Ini Dia 7 Pelopor Internet yang Sangat Berjasa

April 12, 2018
Sayakasihtahu.com - Internet tidak hanya dirancang oleh satu orang atau satu tim pada satu waktu. Internet canggih yang saat ini dapat kita akses dengan mudah dulunya dikembangkan oleh para pelopor internet secara estafet. Tokoh-tokoh dibawah inilah yang selalu berupaya untuk menyempurnakan versi yang sudah diciptakan oleh pendahulunya di era-era awal terciptanya internet.

Secara konsisten internet dengan versi yang lebih ciamik terus bermunculan seiring berjalannya waktu. Internet memang bukan barang langka lagi di era modern ini, namun ada masanya dimana internet hanyalah suatu temuan yang masih belum stabil, tidak begitu berpengaruh, dan hanya segelintir orang yang bisa menggunakannya dan itupun secara sangat terbatas.

Orang-orang dalam daftar berikut adalah visioner, penemu, peneliti dan programmer yang, di masa awal internet, bermimpi besar untuk merintis teknologi maupun program di balik semua alat operasi standar Internet yang kita pakai saat ini. Siapa sajakah orang-orang berjasa tersebut? Mau tau? Nih sayakasihtahu!

Claude Shannon

1.    Claude Shannon

Dikenal sebagai “bapak dari teori informasi”, pada tahun 1948 Claude Shannon menerbitkan sebuah  makalah yang berjudul: “Sebuah Teori Matematika Komunikasi” yang memformalkan studi saluran komunikasi. Dengan membentuk batas pada efisiensi komunikasi dan menghadirkan tantangan untuk menemukan kode untuk meningkatkan efisiensi, Shannon mencetuskan fondasi yang mendasari terciptanya Internet.

 2.    Paul Baran

Paul Baran
Paul Baran adalah tokoh yang berjasa dalam menemukan packet switching techniques yang merupakan salah satu key role dalam perkembangan dunia internet. Saat meneliti jaringan komunikasi survivable di RAND Corporation tahun 1959, Baran mengembangkan dan merancang arsitektur data untuk jaringan komunikasi packet-switched. Gambaran secara rinci dalam serangkaian makalah berjudul “On Distributed Communications,” inilah yang di kemudian hari menjadi dasar umum di balik rancangan Internet.

3.    Bob Taylor

Pada akhir tahun 1960, Bob Taylor meyakinkan Departemen Pertahanan AS untuk mengembangkan jaringan komunikasi, yang akhirnya akan menjadi ARPANet, cikal bakal internet yang pada awalnya hanya digunakan untuk kepentingan militer.

Dia menulis sebuah makalah yang juga berpengaruh di masa itu, “The Computer as a Communication Device,” (Komputer sebagai Alat Komunikasi), kata pria ini, dunia akan segera dapat berkomunikasi dengan lebih efisien melalui komputer. Makalah ini menggambarkan tentang bagaimana Internet akan berkembang di masa depan.

 

4.    Douglas Englebart

Douglas Englebart
Englebart , seorang peneliti Stanford dan pendiri dari Augmentation Research Center adalah simpul kedua dari terciptanya ARPANet pada Oktober 1969. Dia mengembangkan Pusat Jaringan Informasi di Stanford, yang kemudian menjadi registry nama domain, atau database domain setiap website di Internet. Selain itu, Douglas Englebart juga merupakan penemu mouse lho!



5.    Larry Roberts

Larry Roberts
Pria ini adalah seorang ilmuwan kepala di Kantor Teknik Pengolahan Informasi ARPA tahun 1966, yang memimpin pengembangan ARPANet. Dia juga mendirikan Telenet, paket-switched network provider pertama yang merupakan cikal bakal perusahaan seperti Comcast dan Verizon. Telenet sekarang dimiliki oleh Sprint dan merupakan bagian dari jaringan data mobile.

6.    Vint Cerf

Vint Cerf
Seorang legenda di komunitas internet era awal, Cerf adalah manajer program ARPA 1976-1982. Bersama Bob Kahn ia membantu merancang protokol TCP / IP yang digunakan oleh ARPANet awal dan Internet saat ini, Ia jugalah yang mendirikan Komunitas Internet Society dan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). ICANN adalah bagian terpenting jika kita membahas tentang pengelolaan internet dengan menggunakan domain.

7.    Paul Mockapetris

Bersama dengan Jon Postel, Paul Mockapetris merancang dan mengembangkan DNS (Domain Name System). Ketika Anda mengetik alamat situs web ke dalam kotak pencarian, berterima kasihlah pada Mockapetris dan Postel karena telah merancang cara untuk menemukan situs web yang Anda inginkan.

Nah itu dia orang-orang yang berperan besar dalam proses kelahiran internet. Memang internet di era itu jelas sangat jauh dari kata sempurna, tapi tanpa bantuan internet di era tersebut mungkin kita tidak dapat menikmati internet yang sudah keren seperti saat ini.


Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts