Data Facebook Kamu 'Dicuri' Cambridge Analytica? Begini Cara Ceknya

April 11, 2018
Pengguna Facebook sedang digegerkan dengan isu skandal penyalahgunaan data oleh perusahaan konsultan politik Cambridge Analytica untuk memenangkan Donald Trump dalam Pilpres Amerika Serikat tahun 2016. Mulai sekarang, Facebook menyediakan fitur yang memungkinkan para pengguna untuk mengetahui apakah datanya telah 'diambil' oleh konsultan politik asal Inggris tersebut.


Di Facebook, fitur ini disebut "See how you're affected" yang berada di bagian tas News Feed. Jika kamu melihat notifikasi ini di News Feed, maka kamu adalah salah satu dari puluhan juta pengguna Facebook yang datanya telah diambil dan bisa jadi sudah disalahgunakan oleh Cambridge Analytica.
 
Data-data ini dikumpulkan oleh aplikasi kuis tes psikologi "This is Your Digital Life" atau "thisisyourdigitallife" buatan peneliti Universitas Cambridge, Aleksandr Kogan, yang kemudian menjual data pengguna tersebut kepada Cambridge Analytica, selaku salah satu konsultan politik pemenangan Trump.
 
Kogan membuat aplikasi kuis yang seakan-akan ilmiah, padahal tujuan utamanya adalah mengambil data pengguna. Bukan cuma itu, aplikasi ini juga mengambil data sejumlah teman dari orang yang telah mengikuti kuis ini.


Notifikasi Jika Data Kamu Diambil Cambridge Analytica

Okay, balik lagi ke fitur "See how you're affected." Buat kamu-kamu yang datanya telah disalahgunakan, maka kamu akan melihat notifikasi pesan yang di bawahnya memunculkan tombol biru bertuliskan "SEE HOW YOU'RE AFFECTED."

Begini tampilan notifikasi pesannya:








Notifikasi ke Pengguna yang Datanya Diambil CA.
Notifikasi ke pengguna yang datanya diambil CA. (Foto: Facebook)

Adapun isi pesannya menjelaskan hal semacam ini:
"Kami telah melarang aplikasi 'This is Your Digital Life' yang digunakan oleh salah satu teman Anda untuk masuk ke Facebook. Kami melakukan ini karena aplikasi mungkin telah menyalahgunakan sebagian informasi Facebook Anda dengan membagikannya ke perusahaan bernama Cambridge Analytica, dalam banyak kasus, informasi itu terbatas pada profil publik, like, tanggal lahir, dan kota saat ini."
Ada pula anjuran supaya pengguna melihat kembali aplikasi atau situs web apa saja yang pernah mengakses data akun Facebook. Raksasan media sosial ini mempersilakan pengguna untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.
Notifikasi seperti ini akan digulirkan dari waktu ke waktu kepada para pengguna Facebook.

Keterangan Jika Data Kamu Tidak Diambil
Sementara bagi kamu yang datanya tidak diambil oleh Cambridge Analytica, akan mendapatkan notifikasi pesan dengan yang di bawahnya memunculkan tombol "GO TO APPS AND WEBSITES."
Begini tampilan notifikasi pesannya:








Notifikasi ke Pengguna yang Datanya Tidak Diambil.
Notifikasi ke pengguna yang datanya tidak diambil. (Foto: Facebook)

Di sini Facebook juga mengingatkan agar pengguna melihat lagi aplikasi dan situs web yang pernah kamu masuki menggunakan akun Facebook. Facebook mempersilakan pengguna untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut yang telah terhubung dengan informasi data Facebook.

Cek Sendiri di Tautan Ini
Selain lewat cara notifikasi, pengguna juga dapat memeriksa sendiri apakah mereka adalah salah satu "korban" yang datanya diambil Cambridge Anaytica. Caranya, bisa masuk ke tautan khusus berikut ini.
Halaman ini bertajuk "Bagaimana cara mengetahui apakah info saya dibagikan ke Cambridge Analytica atau tidak?"
Saya telah mengecek sendiri status data saya pada halaman di atas, dan menemukan data saya tidak diambil oleh Cambridge Analytica. Beginilah keterangan teks yang muncul:
"Berdasarkan catatan kami, Anda maupun teman Anda belum pernah mengakses 'This Is Your Digital Life' Karenanya, informasi Facebook Anda tidak dibagikan ke Cambridge Analytica oleh "This Is Your Digital Life."
Tiada salahnya kamu juga mengecek status datamu di Facebook dan segera hapus aplikasi atau situs web yang tidak lagi dibutuhkan untuk terhubung dengan akun Facebook. Selamat mencoba!



Sumber:
kumparan.com

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts