Keunggulan Orang yang Sering Begadang

August 23, 2013
 


Tidur larut malam dan kebiasaan begadang adalah aktivitas yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Anehnya, dalam sebuah penelitian baru-baru ini, menemukan bahwa kebiasaan yang buruk ini, dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan analitik.

Para peneliti dari University of Madrid, menemukan bahwa orang yang suka begadang hingga larut malam lalu bangun pada siang hari, memiliki kemampuan yang lebih unggul dibanding yang tidur lebih dini, terutama pada aspek kecerdasan, penalaran, pemikiran konseptual dan analitis.

Pada umumnya orang yang sering bangun pagi, memiliki nilai yang lebih tinggi di sekolah. Tapi untuk masalah kesuksesan karir, para peneliti menemukan orang yang bangun pada siang hari lebih unggul dalam beberapa aspek tadi. Peneliti memperkirakan bahwa kecenderungan ini disebabkan karena perilaku yang dilakukan setelah matahari terbenam cenderung menarik orang dengan rasa ingin tahu yang besar (curiosity).

"Orang yang bangun siang cenderung menjadi orang yang lebih kreatif, ekstrovert, penyair, seniman dan penemu. Sedangkan yang bangun pagi lebih banyak berpikir deduktif seperti yang sering dilakukan pegawai negeri dan akuntan," kata Jim Horne, profesor psikofisiologi di Loughborough University seperti dilansir Medical Daily, Kamis (28/3/2013).

Untuk membandingkan kedua tipe orang ini, Horne menegaskan ada 2 perbedaan yang mencolok. Orang yang tidur lebih larut malam dan bangun siang cenderung lebih sosial dan lebih berorientasi pada manusia. Sedangkan orang yang bangun pagi cenderung lebih mengutamakan berpikir logis.

Tak hanya itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion ini juga menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi cenderung lebih bahagia. Diduga, karena jam biologis orang yang bangun pagi pada umumnya lebih sesuai dengan masyarakat.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan Angkatan Udara AS juga menunjukkan bahwa orang yang bangun siang lebih unggul dalam 'berpikir lateral'. Penelitian lain dari University of Southampton juga menemukan bahwa orang yang bangun siang rata-rata memiliki penghasilan yang lebih besar.
 
sumber: Anne Ahira

Share this

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada akhir tahun 1993, blogger rupawan ini lebih dikenal dengan nickname hideatsa. Memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam bidang copy-paste. Meskipun tampan, ia juga baik hati dan tidak sombong.

Related Posts